DANA CASH TERBATAS TAPI INGIN MEMBANGUN RUMAH / MERENOVASI RUMAH……….? KPR DARI BANK BISA DIJADIKAN SOLUSINYA



Salah satu faktor utama dalam membangun rumah atau merenovasi rumah selain rencana yang matang adalah masalah anggaran untuk pelaksanaanya, seringkali rencana membangun gagal dikarenakan anggaran yang ada kurang mencukupi dari rencana anggaran biaya yang sudah disusun sesuai dengan gambar desain rumah.

 Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan mencari sumber pembiayaan yang lain yaitu dengan melakukan peminjaman dari institusi keuangan (KPR). Berbagai bank kini menyediakan fasilitas kredit untuk keperluan ini dengan menyediakan kredit untuk merenovasi rumah, sekedar ingin merombak fasad atau menambah tata ruang rumah atau bahkan kredit untuk membangun rumah.

Bank – bank yang menyediakan kredit untuk mereka yang ingin membangun / merenovasi rumah adalah Bank Mandiri, BTN, BCA, Bank Permata, BII , Bank Niaga, Bank Panin, Bank Mega, dan banyak bank lainnya.

Besar kredit yang disediakan oleh masing masing bank tidak sama. Misalnya pembiayaan hingga 100% dari RAB dengan maksimal 80% dari harga tanah dan rumah yang dijaminkan. Jangka waktu pinjamannya pun berbeda-beda, max hingga 20 tahun.

Untuk Proses pengajuannya tidaklah sulit. Berikut langkah langkahnya :
  1. Buatlah desain rencana rumah anda yang akan dibangun / direnovsi. Anda dapat menggunakan jasa arsitek / konsultan. (kami siap bantu). 
  2. Buatlah RAB. Anda dapat menggunakan jasa kontraktor. (kami siap bantu). 
  3. Berkonsultasilah dengan petugas kredit (Credit officer) bank untuk menentukan jangka waktu pinjaman dan  jumlah pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan anda mengangsur pinjaman. Anda dapat mengetahui perihal ini melalui tabel angsuran yang disediakan bank.
  4. Ajukan pinjaman ke Bank. Lengkapi pengajuan anda dengan yang disyaratkan untuk proses persetujuan pinjaman.
  5. Tunggu pemberitahuan status persetujuan kredit. Jika disetujui oleh bank, akan dilaksanakan penandatangan perjanjian pinjaman dan pengikatan jaminan.
  6. Pencairan dana dari bank dilaksanakan setelah seluruh persyaratan terpenuhi dan akan dibayarkan secara langsung ke nomor rekening Anda.
  7. Baru proses pembangunan siap dikerjakan. (kami siap bantu)

Untuk dokumen – dokumen yang biasa diminta bank untuk mendapatkan kredit membangun / renovasi rumah adalah sebagai berikut :
     * Gambar desain (gambar kerja rencana)
     * RAB (Rencana Anggaran dan Biaya)
     * KTP atau kartu identitas 
     * Kartu Keluarga atau surat nikah
     * Fotokopi rekening tabungan
     * Slip Gaji
     * Surat ijin praktek (untuk profesional)
     * Akte pendirian perusahaan (untuk wiraswasta)
     * Fotokopi NPWP

Untuk Informasi bagi anda yang ingin membangun atau renovasi rumah dengan pembiayaan Bank dapat menghubungi:

ARCHITA PRATAMA
Arsitek, Konsultan, Kontraktor
Tambakrejo Rt 03 Rw 11, Sariharjo,
Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
(0274) 6655484, (0274) 7852344, 0852 2838 2268
FB : facebook.com/architapratama